Cermi Setelah Sidang

ย 
 Pembimbing Skripsi :
 1. Lusyani Sunarya, S.Sn., M.Si
 2. Listina Nadhia Ningsih, S.Kom
Selasa, 7 Maret 2017
 Pukul 15:00 - 16:00 WIB 
Diruang GMT Perguruan Tinggi Raharja Tangerang
 Berlangsung sidang komprehensif skripsi
 NIM : 1321476107
 Nama : Iqbal Fadillah
 Jurusan : Teknik Informatika
 Konsentrasi : Multimedia Audio Visual and Broadcasting
 Judul Skripsi : Pengembangan Media Video Profile Sebagai Sarana Informasi dan Promosi Pada Perguruan Tinggi Raharja Semester Ganjil TA. 2016/2017

Persiapan Sidang : SKUP Sidang Iqbal
Ketua Penguji : Ir. Untung Rahardja, M.T.I 
Penguji 1 : Hani Dewi Ariessanti, M.Kom 
Penguji 2 : Erick Febriyanto, S.Kom

Hello….

Perkenalkan nama saya Iqbal Fadillah, biasanya sih dipanggil iqbal. Disini iqbal mau ceritain nih gimana proses sebelum iqbal sidang sampai hari H nya sidang. Sebelum sidang sih pastinya kita melewati masa – masa bimbingan yah, iqbal melewati masa bimbingan bersama mis Lusy dan juga kak Nadia.

Sebelum sidang berlangsung teman – teman, iqbal belajar dulu nih di Final Presentasinya mis lusy. Pada kali pertama final presentasi agak gugup sih diliatin kawan semua dan pembimbing ku semua. Namun dari situ bukan lah hal yg menjadi diriku lemah. Iqbal mencoba latihan sidang pada Final Presentasi itu atau bisa disebut pra Sidang.

Setelah proses dari final presentasi itu, iqbal mengikuti tahap selanjutnya nih teman – teman yaitu Raharja Career 2017. Persiapan – persiapan untuk Raharja Career iqbal sih agak lumayan banyak yah, soalnya bawa 150 sovernir loohh, hehe. Makanya waktu pas Raharja Career agak ribet juga, dan juga saya pas penampilan karya menggunakan TV LED 43″. Kata dosen – dosen itu TV kurang gede bawa nya bal, haha. Aaahhh biarkanlah supaya banyak yg mampir aja ke stand iqbal klw ada TV gede begitu ๐Ÿ˜€

Setelah RC selesaiย Pukul 11:50 WIB, namun sebelum selesai NIM dan nama saya dipanggil oleh juri. Juri berkata โ€œuntuk NIM 1321476107 atas nama Iqbal Fadillah, jangan dulu pulang yaโ€. Naahh saya bingung tuh teman โ€“ teman ada apa yaa kira โ€“ kira. Saya tunggu tunggu dan tunggu sampai pukul 04:15 WIB hingga sesi kedua juga selesai baru saya dipanggil untuk memasuki ruang GMT. Dan didalam ruang tersebut ternyata ada sesi pembagian juara nih teman โ€“ teman setelah acara sesi penutupan. Agak gak nyangka juga saya ternyata masuk kedalam nominasi pemenang kategori Graphic Design and Multimedia. Setalah dibacakan nominasinya, dan waktunya pembacaan juara akhirnya saya mendapatkan Juara 1 Kategori Graphic Design and Multimedia pada Raharja Career 2017 ini. Bangga banget rasanya saya bisa mendapat juara 1 ini.

Tahap Raharja Career sudah iqbal lewatin nih, selanjutnya masuk ke Sidang Skripsi. Denger namanya sih serem yaahh teman – teman ๐Ÿ™

Awalnya sih agak gerogi nih teman – teman, mau tau gak geroginya kenapa? geroginya pas buka pintu ruang sidang (GMT) tau – tau ketua sidangnya itu bapak presiden direktur (Ir. Untung Rahardja, M.T.I) kita. Gimana gak gerogi kalau ketemu nya sama beliau. Tapi iqbal tetap optimis dan percaya diri bahwa iqbal bisa lewatin sidang sore itu pukul 15:00 WIB.

Pukul 15:05 WIB bapak Ir. Untung Rahardja membuka sidang saya dengan mengetuk palu, dan mempersilahkan saya untuk mempresentasikan hasil skripsi saya. Daaaggg Diiigggg Duuugggg kaki saya gemeteran pada waktu itu teman – teman. Rasanya mau baca slide aja agak takut salah ucapan. ๐Ÿ™

Tapi dengan percaya diri, iqbal bisa mempresentasikan slide presentasi sidang iqbal dengan santai dan enjoy.

Setelah sesi presentasi selesai, ada lagi nih yg menegangkan yaitu sesi tanya jawab dengan dewan penguji. Makin gemeteran aja kaki saya waktu itu. Awal mula Bpk Ir. Untung Rahardja yang memulai sesi tanya jawab itu. Beliau bertanya kepada saya,

P UR : “Iqbal, apakah kamu punya SKUP Sidang?”

Iqbal : “Ada pak”

P UR : “Coba kamu tunjukan di google, tapi jangan di enter dulu”

Iqbal : (membuka tab baru lalu mengetik “SKUP Sidang Iqbal”)

Dengan bodohnya saya malah meng-enter tab itu, lalu pak untung menjawab.

P UR : “Aduuhh kan udh saya bilang jangan di enter dulu”

Iqbal : (Tersenyum malu) ๐Ÿ˜€

P UR : “Naahh terbukti kalau kamu hanya mengecek lewat google saja, jejak kamu sudah ada contoh nya seperti itu”.

Iqbal : “Iya pak”

Pak UR kembali bertanya mengenai hal lain yaitu mengenai video project saya.

P UR : “Iqbal, kamu kan project ada di youtube, view yang kamu miliki sudah berapa?”

Iqbal : (lalu saya buka youtube saya dan menunjukan hasil view yang saya miliki, pada waktu itu 1.317 view)

P UR : “tapi kok saya coba cari video raharja dengan mengetik di google “kampus terbaik di tangerang” tidak muncul yaa di google, Itu permasalahan dimana?”

Iqbal : “Kalau permasalan itu hanya menggunakan Tags pak, tapi iqbal tidak menggunakan Tags itu”.

P UR : “Naahh seharusnya kamu memperhatikan Tags itu”.

Proses tanya jawab dengan P UR pun selesai, lalu P UR memberikan waktu untuk Penguji 1 yaitu Mis Hani untuk bertanya. Mis hani pun bertanya kepada saya mengenai Elisitasi.

Mis hani : “Oke iqbal, mis kan agak kurang paham yah sama mavib ini, mis mau tanya aja berapa sih elisitasi tahap 1 kamu yang ada di laporan yah”

Iqbal : “Elisitasi tahap saya yg ada pada laporan iqbal terdapat 46 mis”

Mis hani : “Klw final nya berapa bal yg kamu punya”

Iqbal : “Klw final nya ada 37 mis”

Mis Hani : “Ouhh gitu yaa, ouh iya tadi kan ada implementasi, coba ceritakan dong implementasi itu dimana saja”

Iqbal : “Oke mis proses daripada implementasi saya, terdapat 2 bukti foto disini ada foto saya bersama stakeholder 2 saya yaitu Dede Cahyadi, SE pada kegiatan Ujikom SMA. Dan juga bukti kedua pada Uji Banding dengan STMIK Bina Insan Depok”

Mis Hani : “wiihh keren yah, mis nanya implementasi iqbal langsung menunjukan buktinya, oke cukup deh dari mis”

Kemudian sesi tanya jawab pun beralih ke Penguji 1 yaitu Pak Erick. Beliau bertanya mengenai judul skripsi yang saya miliki.

Pak Erick : “Bal, judul skripsi kamu itu apa sih?”

Iqbal : “Judul skripsi saya, Pengembangan Media Video Profile Sebagai Sarana Informasi dan Promosi pada Perguruan Tinggi Raharja Semester Ganjil TA. 2016/2017”

Pak Erick : “Kok saya agak terganggu ya dengan tulisan semester ganjil itu, alasannya kenapa menggunakan itu?”

Iqbal : “Sebenarnya saya menggunakan itu untuk menandakan bahwa pembuatan video profile ini dibuat pada semester Ganjil Tahun Akademik 2016/2017”.

Pak Erick : “Sebaiknya sih jangan digunakan saja kata – kata itu, cukup sampai Perguruan Tinggi Raharja saja bal”.

Iqbal : “Oke pak”

Pak Erik : “Ouh iya tadi kan di slide kamu menjelaskan tentang software – software yah, coba kamu jelaskan dong kegunaan dari semua software yang kamu pake apa saja”

Iqbal : “Oke pak, disini ada adobe premiere cs6 digunakan untuk meng-edit video, cutting – cutting video dan juga menggabungkan audio sera efek – efek. Disini juga ada adobe after effect cs6, software ini digunakan untuk membuat intro bumper dan juga membuat efek – efek grafis yg ada pada video profile ini. Ada juga disini adobe audition cs6 software ini digunakan untuk proses dubbing, menjernihkan audio dubbing dan edit backsound. Adobe illustrator cs6 yang iqbal gunakan untuk membuat vector yg tersedia pada bagian video jurusan Sistem Komputer. Dan terakhir ada adobe photoshop cs6, software ini digunakan untuk aplikasi bitmap.”

Pak Erik : “Oke cukup dari saya ya bal”

Akhirnya nih teman – teman sesi tanya jawab pun selesai, rasanya lega banget udh selesai,ย perasaan baru aja mulai tadi kok udh mau selesai aja ya ๐Ÿ˜€

Tapi pas proses tanya jawab saya sangat senang nih teman – teman, karna selain di uji sama bapak presdir ada pula yang hadir pada waktu sesi tanya jawab yaitu Bpk. Dr. Po Abas Sunarya, M.Si. Beliau benar – benar menyempatkan hadir untuk menonton sidang skripsi saya ini.

Kesan dan Pesan serta Hikmah Sidang

Kesan yang iqbal rasakan dari sidang ini adalah mendapatkan hasil yang sangat memuaskan, tidak hanya hasil yang sangat memuaskan melainkan kehadiran dari Direktur Perguruan Tinggi Raharja yaitu Bapak Dr. Po Abas Sunarya, M.Si yang secara tiba-tiba hadir untuk menonton saya sidang, duuuuuuuuh rasanya seneng banget sidang skripsi langsung dihadiri sama beliau ๐Ÿ™‚

Pesan untuk kalian yang akan sidang selanjutnya khususnya untuk Komunitas MAVIB jangan pernah takut dengan kata “SIDANG” karena jika kita yakin dan percaya maka kita akan bisa melaluinya. Bermain dan Belajar itu penting asalkan kalian jangan terlalu banyak main ๐Ÿ˜€ nanti kalian bisa lupa pulang kalo main terus hihi ๐Ÿ˜€

Hikmahnya itu bener bener loh usaha gak akan pernah mengkhianati hasil. Karena usaha dan doa harus selalu balance ๐Ÿ™‚

Penasaran sama hasil sidang iqbal ๐Ÿ˜€ cek dibawah ini :

14 Comments

  • Siti Isnaini

    Semangaattt my beloved, udh selesai sidang skripsinya, tinggal kejar satu lagi S2 nya. ๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜Š

  • Edray Pranata

    Waahhh gua nonton nih sidang lu, agak menegangkan juga waktu pas ditanya sama pak untung, tapi tetap semangat broo..

  • Muhammad Ichsan

    Seru juga ceritanya, bisa dijadikan ajaran nih buat sidang gua nanti.

  • Ayu Yunita Listantyo

    Waahhh jadi pengen cepet – cepet sidang kayaknya, baca sesi tanya jawab agak gampang banget.

  • Sri Rahayu

    Waahh bagus banget hasil nya bisa dapet A+, Congrats iqbalโ€ฆ.

  • Sri Ernawati

    Nilainya luar biasaaaaโ€ฆ. ๐Ÿ˜€

  • Titik Nofitasari

    Awesome…

  • Erwana Amarulloh Sunarya

    Lengkap pokoknya ini mah sidnag nya iqbal, jadi gak banyak nanya penguji nya, Congrats bal…

  • Ariffandi Maulana

    Sangat menginspiratif cermi nya, jadi bisa buat gua makin semangat.. ๐Ÿ˜€

  • Maria Dingi Novena

    Wohooo, dapet A+ luar biasa.. ๐Ÿ˜€

  • Adang Arief

    Seru juga kemarin sidangnya bal, sukses buat kedepannya yah

  • Bayu Budiman

    Keren bal , sempet kaget tiba tiba pak abas dateng , selamat atas nilainya

  • Citra Jessycha

    Deg degan liat iqbal sidang, tapi seneng lihat hasilnya memuaskan banget, sukses bal

  • untungrahardja

    ACC Revisi Sidang Iqbal

Leave us a Comment

logged inYou must be to post a comment.